Social Icons

Pages

Sabtu, 25 Januari 2014

sejarah internet

 Sejarah Internet
v Pada 1969 Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) mengadakan riset tentang menghubungkan sejumlah computer sehingga membentuk jaringan organic. Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET.
v Tahun 1969, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah sehingga langsung menjadi popular. Pada tahun yang sama, icon @ juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukan “at” atau “pada”.
v Tahun 1973, jaringan computer ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat. Pada 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroup pertama yang diberi nama USENET.
v Pada tahun 1982 dibentuk Transmission control protocol atau TCP dan internet protokol atau IP yang kita kenal semua. Sementara itu di Eropa muncul jaringan computer tandingan yang dikenal dengan Eunet, yang menyediakan jasa jaringan computer di negara-negara Belanda, Inggris, Denmark dan Swedia. Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail dan newsgroup USENET. Untuk menyeragamkan alamat di jaringan computer yang ada.
v Pada tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain, yang kini kita kenal dengan DNS atau Bomain Name System.
v Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat.
v Tahun 1990 adalah tahun yang bersejarah, ketika tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu computer dengan computer yang lainya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau world wide web.
v Tahun 1994, situs internet telah tumbuh untuk pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah. Di tahun yang sama Yahoo! Didirikan, yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator 1.0.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar